Kunjungan

Kamis, 30 Desember 2010

Shalat Idul Adha Muslim Athena Disambut Cacian dan Poster Babi


Puluhan aktivis kanan-jauh dan penduduk lokal melemparkan telur dan mengejek ratusan imigran Muslim yang tengah berkumpul untuk melaksanakan shalat Idul Adha di sebuah lapangan pusat yang dikelilingi oleh pelindung dengan penjagaan polisi anti huru-hara.

Komunitas Muslim Athena tidak memiliki masjid resmi dan shalat biasanya diadakan di pusat-pusat budaya atau balai masyarakat atau apartemen pribadi di seluruh kota.Komunitas Muslim di Yunani diperkirakan sekitar 1 juta orang, di negara di mana kebanyakan penduduknya adalah penganut Kristen Ortodoks Yunani.

Sementara umat Islam shalat, beberapa penduduk setempat berteriak dengan kata-kata kotor dari balkon dan melambaikan bendera Yunani. Leaflet yang menggambarkan seekor babi, yang merupakan binatang najis dan haram dalam Islam – tersebar di seluruh alun-alun.

“Ada sebuah masjid (resmi) di dekat sini, tapi kami takut untuk pergi ke sana,” kata seorang pria 30 tahun migran dari Bangladesh, yang meyebut namanya sebagai Shamasul. “Kadang-kadang orang Yunani di lingkungan ini mengancam untuk membunuh kami.”

Di lain tempat, lapangan sentral di depan universitas Athena, sekitar 2.000 Muslim pria dan wanita shalat dengan tenang di depan universitas neo-klasik dan di depan patung Yunani kuno.

Di masa lalu, usaha untuk membangun sebuah masjid di ibukota telah bertemu dengan oposisi dari penduduk setempat dan beberapa pastor dari gereja ortodoks Yunani.

Namun, Uskup Agung saat ini mendukung pembangunan masjid dan pemerintah sosialis telah menyisihkan situs dekat dengan pusat kota, meskipun bangunan belum dimulai.

Masjid hanya di Yunani berada di wilayah timur laut Xanthi dekat perbatasan Turki, rumah bagi minoritas Muslim yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar