Kunjungan

Minggu, 02 Januari 2011

Inilah Bahayanya Jika Anak Pakai Gadget sebelum Tidur,WASPADALAH !!



Banyak anak-anak menggunakan media elektronik sebelum tidur. Padahal hal itu bisa menyebabkan terjadinya masalah konsentrasi dan semangat keesokan harinya.

Hal ini ditemukan dalam penelitian pada 40 anak, rata-rata berusia 14,5 tahun. Penelitian ini dilakukan di JFK Medical Center Sleep Laboratory Edison, New Jersey.


Sekitar 70% mengalami masalah kesulitan tidur, sementara lainnya memiliki masalah mengantuk di siang hari, seperti dikutip dari USA Today.


Bukan lagi suatu keanehan jika anak memiliki masalah sulit tidur dan mengantuk di siang hari. Menurut studi yang dipresentasikan di American College of Chest Physicians di Vancouver Canada, anak-anak rata-rata mengirim 34 SMS atau email dalam semalam. SMS tersebut dikirim sekitar 10 menit hingga empat jam sesudah waktu tidur mereka.


Anak-anak ini mengaku masih beraktivitas menggunakan media elektronik seperti ponsel, video game, dan komputer ketika masuk jam tidur, ujar dokter klinik JFK, Peter Polos. Rata-rata anak mengirim SMS ke empat orang berbeda dalam semalam.


Selain itu, ponsel juga membangunkan mereka pada malam hari ketika terdapat SMS atau telepon masuk. Anak-anak yang menggunakan waktu tidur untuk bermain media elektronik cenderung memiliki masalah konsentrasi keesokan harinya.


Polos menyatakan penelitian ini memiliki keterbatasan. Penelitian ini belum bisa membuktikan penggunaan media larut malam dapat menyebabkan masalah konsentrasi keesokan harinya.


Polos juga menambahkan hasil penelitian ini tidak mewakili semua anak, karena anak yang terlibat penelitian terlebih dahulu sudah memiliki masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar